Informasi

Penasaran Cara Pengemasan Ikan? Cek Yuk!!

By October 5, 2018 No Comments

Bagi orang awam, pasti belum bisa membayangkan bagaimana cara mengemas ikan. Pernahkan membayangkan bagaimana caranya? Oke, Kolamkita.com akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mengemas ikan.

Cara pengemasan bibit ikan yang akan dikirimkan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Proses pengemasan benih ikan yang telah dipesan dilakukan melalui tahapan cara yang baik dan sangat terjaga, melalui langkah berikut ini :

  1. Benih ikan yang dipesan dipilih yang sehat, yaitu tidak cacat dan terbebas dari penyakit dan parasit. Selanjutnya benih ikan dimasukkan ke dalam kantong plastik (sistem tertutup) atau dengan menggunakan jerigen (sistem terbuka).
  2. Air yang digunakan sebagai media pengangkutan bersih, sehat, bebas hama dan penyakit serta bahan organik lainya. Diantaranya digunakan air sumur yang telah diaerasi semalaman.
  3. Sebelum diangkut benih ikan terlebih dahulu diberok selama beberapa hari dalam bak yang berisi air bersih dan dengan aerasi yang baik. Bak pemberokan dibuat dengan ukuran 1 m x 1 m ataupun ukuran 2 m x 0,5 m sehingga bak pemberokan bisa menampung benih ikan mas mencapai 5.000 hingga 6.000 ekor dengan ukuran 3-5 cm. Jumlah benih dalam pemberokan juga disesuaikan dengan ukuran benihnya.

Berdasarkan lama atau jarak pengiriman, maka sistim pengangkutan atau pengiriman benih ikan dilakukan melalui dua sistim atau cara, yaitu:

  1. Sistem Terbuka

Cara sistem terbuka ini dilakukan untuk mengangkut benih dalam jarak dekat atau tidak membutuhkan waktu lama. Sedangkan media pengangkutan dengan jerigen dimana tiap jerigen dengan ukuran 3-5 cm bisa diisi air bersih hingga 15 liter dan dapat untuk mengangkut dan menampung hingga 5.000 ekor benih.

  1. Sistem Tertutup

Dilakukan untuk pengangkutan benih jarak jauh yang memerlukan waktu lebih dari 8 atau 9 jam. Caranya dengan menggunakan kantong plastic dimana volume media pengangkutan terdiri dari air bersih sebanyak 5 liter yang diberi buffer Na2(HPO)4.H2O sebanyak 9 gram.

Cara Membungkus Bibit Ikan dengan Kantong Plastik

Sedangkan untuk pengemasan benih ikan yang diangkut dengan dibungkus dalam kantong plastik dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Air bersih dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian diisi dengan benih ikan;
  2. Udara di dalam kantong plastik dihilangkan dengan cara menekan kantong plastik ke permukaan air;
  3. Oksigen dari tabung dialirkan ke kantong plastik sebanyak 2/3 volume dari keseluruhan rongga (perbandingan air : oksigen = 1 : 2);
  4. Kantong plastik lalu diikat.

Selanjutnya kantong plastik dimasukkan ke dalam kotak styrofoam dengan posisi membujur atau ditidurkan. Ukuran kotak styrofoam dengan panjang 0,85 m, lebar 0,45 m, dan tinggi 0,50 m bisa menampung 2 buah kantong plastik berisi bibit ikan yang siap kirim.

(Credit by Nabila fish farm)

kolamkita

Author kolamkita

More posts by kolamkita

Leave a Reply